KOMPUTER

KOMPUTER


Perangkat komputer menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Dengan perangkat ini pengguna bisa mengedit video, mencari informasi hingga berkomunikasi dengan orang lain. Perkembangan teknologi bisa dibilang sangat cepat, kini komputer sudah sangat canggih. Berbagaihal bisa dilakukan dengan komputer. Mau tau lebih mendalam tentang komputer, mari kita simak sedikit uraian di bawah ini.

Definisi / Pengertian Komputer
Komputer berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata com dan putare, bila digabung menjadi computare yang berarti menghitung. Istilah komputer merupakan suatu alat hitung yang digunakan untuk mengolah data sesuai prosedur yang telah dirumuskan. 

Di dalam komputer terdapat elemen-elemen penting yang mengatur sistem perhitungan dari sebuah komputer. Selain itu, masih banyak lagi orang yang mendefinisikan apa itu komputer. Berikut merupakan pengertian komputer menurut para ahli.

1. Pengertian komputer menurut Elias M. Awad
Menurut Elias M. Awad, komputer adalah suatu alat hitung yang dapat memproses data agar bisa disajikan dalam bentuk data digital maupun analog.

2. Pengertian komputer menurut Donald H. Saders
Menurut Donald H. Saders, komputer adalah suatu sistem elektronik yang dapat memanipulasi data secara cepat dan tepat. Komputer juga dirancang secara otomatis untuk menyimpan dan menerima data input, lalu memprosesnya dan mengeluarkannya sebagai output.

3. Pengertian komputer menurut Gordon B. Davis
Menurut gordon B. Davis, komputer adalah suatu alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.


4. Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer
Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

5. Pengertian komputer menurut V. C. Hamacher
Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

6. Pengertian komputer menurut Wiliam M. Fuori
Menurut Fuori, pengertian komputer adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tidak ada campur tangan manusia.

7. Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer
Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.

8. Pengertian komputer menurut Williams & Sawyer

Menurut Williams & Sawyer, definisi komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang dapat digunakan.

Beragam definisi komputer yang telah disimpulakan oleh para ahli. Bila disimpulkan, komputer memiliki arti sebagai alat yang memiliki kemampuan untuk mengolah data baik berupa teks, gambar maupun suara untuk memberikan informasi.

Fungsi Komputer
Jika kalian sudah mengetahui apa itu komputer, selanjutnya kalian akan belajar fungsi dari sebuah komputer. Apa saja itu?. Fungsi komputer sebenarnya banyak sekali tergantung untuk apa digunakannya, berikut merupakan fungsi utamanya :

1. Alat Input
Fungsi komputer yang pertama ialah sebagai alat input. Komputer akan menerima data atau sebuah informasi dari luar. Beberapa alat yang berfungsi untuk menginput data seperti mengetikan tulisan di keyboard, klik mouse dan beberapa alat input lainnya.

2. Alat Proses
Fungsi yang kedua dari komputer yaitu melakukan pemrosesan. yang bisa dikatakan fungsi yang utamanya. Setelah data masuk, komputer akan melakukan pemrosesan berbagai macam data dan informasi yang ada di dalamnya. Bila data dan informasi sudah diproses, komputer akan menghasilkan output berupa informasi yang akan di tampilkan di alat output.

3. Alat Output
Fungsi yang ketiga yaitu sebagai alat output. Setelah dilakukan pemrosesan, komputer akan menghasilkan output yang hasilnya bisa digunakan oleh pengguna. Beberapa contoh alat seperti monitor, printer dan lain sebagainya.

4. Storage (Penyimpanan)
Selanjutnya fungsi dari sebuah komputer yaitu sebagai tempat untuk menyimpan data informasi yang dibuat atau dimasukan untuk digunkan di waktu berikutnya. Data dan informasi akan disimpan di memori utama (HDD/SSD) maupun memori tambahan, seperti Flasdisk dan Hardisk eksternal yang kemudaian bisa di pindahkan ke komputer lain juga.

Sejarah Komputer   
Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage yang namanya akan terus diingat hingga komputer generasi terakhir. Charles Babbage dikenal sebagai bapak komputer dunia dengan julukan The charles Babbage Foundantion untuk mengenang jasanya sebagai penemu dunia komputer.

Komputer mengalami perkembangan dari generasi ke genarasi. Pada tahun 1946 – 1959 komputer generasi pertama telah dibuat dengan sebutan ENIAC ( Electronic Numerical, Integrator and Calculator ). Dimana pada saat itu komputer masih digunakan untuk kebutuhan umum.

Setelah memasuki tahun 1960 an, komputer mengalami perkembangan dengan ditemukannya transistor atau alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Pada perkembangan inilah disebut sebagai generasi kedua adanya sebuah komputer.

Memasuki generasi ketiga (1964-1970), komputer mengalami perkembangan yang begitu pesat. Melihat kondisi transistor pada generasi kedua kurang efektif, seorang ilmuwan bernama Jack Billy berhasil menemukan IC (Integrated Circuit) yang merupakan chip kecil yang mampu menampung banyak data dan informasi untuk dikumpulkan menjadi satu.

Memasuki tahun 1997 – 2000 an, komputer generasi keempat mulai muncul menggantikan sistem yang ada pada generasi ketiga. Disinilah ditemukan sebuah LSI yang mampu menampung beribu-ribu IC untuk dijadikan satu. Setelah itu, munculah komputer generasi yang sekarang kita gunakan, komputer yang disebut sebagai generasi masa depan karena memiliki komponen yang super canggih di dalamnya.

Nah, itulah beberapa definisi, fungsi dan sejarah dari komputer. Semoga bermanfaat untuk sobat semua. Mohon maaf untuk segala kekurangannya.