CARA MEMBUAT EMAIL GMAIL (AKUN GOOGLE) TERBARU 2019

CARA MEMBUAT EMAIL GMAIL (AKUN GOOGLE) TERBARU 2019


Buat para pengguna android atau pun smartphone lainnya sejenis apple pastinya membutuhkan akun email, terutama pengguna android pastinya perlu banget akun gmail (Google Mail). Akun gmail ini merupakan akun semua jenis layanan Google yang untuk menikmati layanan tersebut kita harus mengaktifkannya menggunakan akun ini.

Selain itu, akun gmail juga bisa digunakan untuk layanan diluar produk google seperti Facebook, Instagram dan yang lainnya yang memerlukan email, akan tetapi produk atau layanan yang di buat Google hanya bisa menggunakan akun gmail ini. Oke langsung saja.
  • Buka web browser yang kalian gunakan misalkan disini saya menggunakan Google Chrome
  • Selanjutnya masukan alamat link “mail.google.com” pada address bar yang ada pada web browser kita, jika di web browser kita belum pernah login gmail, maka akan muncul halaman pengenalan gmail lalu cari aja tombol atau tulisan “Buat akun” maka akan langsung ke halaman pendaftaran akun. 



Namun, jika di web browser kita sudah pernah login gmail akan beda cara masuk nya, setelah kalian isikan link mail.google .com kalian akan dialihkan kedalam halaman login akun google, dimana akan tersedia kolom buat diisi email dan ada tombol berikutnya atau next dibawahnya. 
  • abaikan kolom dan tombol tersebut diatas, klik aja tulisan biru sebelah kiri bawah bertuliskan “Buat akun” klik! Maka akan ditampilkan dua pilihan: Untuk diri sendiri dan Untuk mengelola bisnis saya, kita pilih aja Untuk diri sendiri saja kalau buat pemakaian personal. 
  • selanjutnya kita akan di tampilkan menu pendaftaran dengan deretan kolom yang harus kita isi dengan data diri kita. 

=> Kolom Nama Depan = kita isi dengan nama depan kita misalkan nama kalian “Abdul Samsudin” berarti kalian isi dengan “Abdul” 

=> Kolom Nama Belakang = kita isi dengan nama belakang kita misalkan “Samsudin” untuk contoh nama diatas. untuk catatan kolom ini tidak boleh kosong jadi buat yang namanya satu suku kata maka sebaiknya isi aja misal mau pakai kata yang sama juga bisa

=> Kolom Nama pengguna kita isi dengan nama alamat email yang mau kita buat misalkan kita mau buat nama kita sebagai alamat email disini saya contohkan nama saya abdulsamsudin@gmail.com Kita tidak perlu menuliskan lengkap dengan @gmail.com cukup menuliskan nama alamat yang mau kita buat. 

Perlu kita ketahui juga email tidak membaca huruf kapital atau huruf kecil, secara otomatis akan dibuat huruf kecil semua, tidak bisa pula pkai spasi khusus gmail pemisah nama bisa menggunakan titik(dot) misalkan “abdul.samsudin”. lebih jelas nya ada keterangan juga dibawah kolom kita bisa menggunakan huruf angka dan titik.
Selain itu yang harus kita perhatikan juga ketika kita membuat alamat email dimana alamat yang kita mau tidak semunya bisa dibuat, misalkan sudah ada yang pakai atau ketentuan lainnya biasanya suka tampil eror dengan ditandai kolom berubah warna jadi merah. Tapi jangan khawatir biasanya suka ada tampil rekomendasi alamat yang bisa kita gunakan atau lebih gampangnya kita bisa contoh struktur penulisannya seperti rekomendasi yang ditampilkan. 

=> Selanjutnya Kolom Sandi dan Konfirmasi = kita isi Password yang kan jadi kunci ketika kita masuk atau login kedalam akun gmail ini. Jadi keduanya isi katakunci yang sama ya, perlu diketahui  juga untuk semua jenis kolom password dimana semua ketikan kita akan di ubah menjadi titik atau bintang guna menyembunyikan kerahasiaanya, untuk melihat kita bisa klik gambar mata di garis miring disamping kolom.

Pada password ini ikita bisa menggunakan minimal 8 karakter dengan campuran huruf, angka dan juga symbol yang pasti yang bisa kita ingat ya. 
  • -selanjutnya kita klik tombol warna biru dibawah warna biru bertuliskan “Berikutnya” Setelah itu kita akan disuguhkan terusan dari kolom-kolom sebelumnya 

=> Kolom Nomor telepon (opsional) = isi dengan nomor telepon aktif yang sedang kita gunakan, kolom ini sebenarnya bisa kita kosongkan atau tidak kita isi seperti ter tulis “opsional” berarti mau kita isi atau tidak juga kita masih bisa melanjutkan pembuatan akun gmail ini. 

Tujuan diperlukannya nomor telepon ini untuk keamanan, dimana nanti kalau kita lupa password dan yang lainnya bisa kita gunakan nomor telepon atau email pemulihan untuk reset password dan membuat password baru. 

=> Kolom Alamat Email pemulihan (opsional) = di isi dengan alamat email aktif. Kolom ini diisi buat kalian yang sudah punya akun email sebelumnya dan aktif, aktif disini merupakan email yang bisa login dan bisa kita gunakan. 

Tujuannya seperti dukatakan diatas untuk keamanan dan memulihkan semua kondisi email kita dimana ada masalah dengan email kita

Pada kondisi tertentu no handphone wajib kita masukan buat konfirmasi, nanti kita akan di kirim sms berupa kode yang bisa kita masukan untuk melanjutkan pendaftaran. Jika kondisinya sama seperti diatas lanjutkan ke poin berikutnya.

=> Selanjutnya kita harus mengisi tanggal bulan dan tahun lahir kita. Untuk kolom tanggal dan tahun bisa kita isi manual dengan angka, sedangkan untuk kolom bulan tinggal kita klik maka akan kaluar pilihan ke-12 bulan yang bisa kita pilih salah satu. 

=> Kolom jenis kelamin kita pilihh salah satu sesuai kelamin kita masing-masing, sama halnya seperti kolom bulan di atas kita tinggal klik maka akan kaluar pilihannya. 

  • setelah itu lalu klik tombol biru lagi bertuliskan “Berikutnya” maka kita disuguhkan tampilan Pripasi & Persyaratan, dimana isinya point syarat-syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Kita harus scrool kebawah atau kalau sempat kita baca dulu isinya, setelah di scrool sampai habis tulisan maka akan muncul tombol “saya setuju” untuk melanjutkan. 

Setelah itu kita akan langsung masuk kedalam dua kemungkinan tampilan halamam yang pertama ke halaman Google akun dan yang kedua langsung ke halaman email Gmail, karena sekarang Google membuat layanan terpisah untuk mengelola akun kita jadi ada layanan khusus untuk mengelola akun google kita.

Sampai disini akun atau gmail kita sudah jadi dan bisa digunakan di berbagai layanan yang mau kita gunakan termasuk mengaktifkan smartphone, lebih apdol kalau kita juga bisa mengelola email yang kita buat ini melalui situs atau aplikasi yang disediakan. Saya kira cukup sekian untuk cara pendaftaran gmail melalui komputer, sebenarnya saya sedang membuat video praktek pembuatan email yang nanti bisa kalian tonton di Chanel Youtube saya, semoga sudah jadi ketika kalian membaca artikel ini.