GOOGLE ASSISTANT

GOOGLE ASSISTANT



Perusahaan Google benar-benar memberikan perubahan dengan teknologi-teknologi temuannya. Google Assistant menjadi salah satu teknologi buatan Google yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

Sesuai dengan namanya, Google Assistant bisa menjadi asisten pribadi secara virtual. Pengguna bisa berbicara maupun bertanya kepada aplikasi tersebut. Google Assistant otomatis akan menjawab sesuai dengan apa yang ditanyakan tadi. Namun kegunaannya bukan sebatas itu saja, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan Google Assistant. 

Pengguna bisa menanyakan berbagai hal kepada Google Assistant. Misalnya seperti lokasi tempat makanan yang enak, obat diare dan sebagainya. Oleh karena itu, aplikasi ini bisa dijadikan asisten pribadi penggunanya. Jika ingin mengetahui lebih mendalam mengenai Google Assistant, simak penjelasan dibawah ini. 

Google Assistant merupakan sebuah aplikasi virtual assistant yang dirancang oleh Google. Jika digunakan dengan baik, aplikasi ini sangat membantu dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satunya membuka aplikasi, mencari sebuah tempat, atau informasi lain, semua bisa di suruh atau ditanyakan kepada Google Assistant.

Dengan Google Assistant, penggunanya tidak lagi harus mengetik untuk mencari sesuatu. Mereka hanya perlu mengucapkan seperti berbicara kepada orang pada umumnya. 

Saat ini, pengguna di Indonesia sudah bisa menggunakan Google Assistant terutama pengguna android dimana Google Assistant sudah tertanam di dalamnya. Aplikasi ini telah mendukung bahasa Indonesia dalam penggunananya. Kecerdasan buatan yang menjadi salah satu teknologi andalan Google ini memang sangat mengagumkan. Untuk menggunakan teknologi ini, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Playstore atau Apps Store. 

Fungsi Google Assistant 
Google Assistant memiliki berbagai fungsi yang bisa digunakan oleh pengguanya, diantaranya sebagai berikut: 

>Membuka Aplikasi
Google Assistant saat ini sudah tertanam di semua handphone android terbaru, fungsi yang paling digunakan yaitu membuka aplikasi. Kita tidak perlu mencari-cari aplikasi tersebut untuk membukanya, mulai dari menelpon, kirim pesan set alarm dan yang lainnya. Kita tinggal ucapkan apa yang kita mau lakukan,Google Assistant yang akan melakukannya.

>Mencari Informasi 
Google Assistant bisa digunakan untuk mencari sebuah informasi di internet. Pengguna tinggal menyebutkan saja apa yang akan dicari, secara otomatis Google Assistant akan menampilkan hasilnya. Dengan hal ini, akan lebih menghemat waktu ketimbang harus mengetik di search engine. 

>Mendongeng 
Kemampuan Google Assistent yang satu ini sangat unik, yakni mendongeng. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menemani sang buah hati untuk tidur. Namun fitur ini masih belum tersedia di Indonesia, bahasanya hanya mendukung untuk negara di Eropa, Amerika, Australia dan India. 

>Membaca Berita 
Salah satu kelebihan dari Google Assistant adalah bisa membaca berita. Banyak pengguna yang belum mengetahui fungsi yang satu ini. Dengan Google Assistant, berita benar-benar dibacakan seperti orang berbicara pada umumnya. 

>Melakukan Konversi 
Selain untuk menanyakan tentang suatu hal, Google Assistant juga dapat melakukan konversi. Pengguna bisa menanyakan terkait dengan konversi seperti 'Berapa dollar dari 120.000 rupiah ?. Ini sangat membantu untuk pengguna yang tidak suka menghitung. 

>Sebagai Penerjemah 
Teknologi penerjemah yang dimilii Google, Google Translate juga disediakan di Google Assistant. Pengguna bisa menafaatkan fitur ini untuk menerjemahan kalimat dalam berbagai bahasa. Selain fungsi-fungsi yang sudah dijelaskan di atas, Google Assistant memiliki banyak fungsi lainnya. 

Sejarah Google Assistant 
Pada dasarnya, Google Assistant merupakan pengembangan dari teknologi milik Google sebelumnya yakni Google Now. Google Assistant pertama kali diluncurkan pada Mei 2016 lalu, namun masih sebagai pelengkap dari aplikasi Google Allo. Pada awalnya aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat Pixel, saat ini Google Assistant sudah bisa digunakan di berbagai jenis smartphone. 

Google Assistant menjadi salah satu teknologi kecerdasan buatan yang paling populer hingga saat ini. Perusahaan pengembangnya akan mengembangkan aplikasi ini hingga maksimal dan bisa digunakan dalam berbagai hal.

Demikian uraian mengenai Google Assistant. Buat para pengguna smartphone wajib di coba selain berguna ada keseruan tersendiri mengunakannya. Semoga bermanfaat