GOOGLE TRANSLATE

GOOGLE TRANSLATE



Mendengar kata Google Translate pasti kita akan teringat sebuah buku tebal dengan pembatas halaman huruf abjad, ya... KAMUS. Dengan aplikasi ini kita tidak perlu lagi membawa buku tebal itu sudah support terjemahan per kalimat pula dan banyak pilihan bahasa, yang pasti kita tidak perlu membuka buku besar itu untuk belajar berbicara bahasa lain di kondisi tertentu.

Google Translate atau disebut juga google terjemahan merupakan suatu layanan yang diguakan untuk menerjemahkan teks dari bahasa tertentu ke bahasa lain. Istilah google translate pastinya sudah tidak asing didengar, fungsinya sebagai penerjemah bahasa seringkali digunakan oleh banyak orang untuk kebutuhan khusus, mulai dari belajar bahasa tutor guide bahkan banyak orang menggunakannya buat ngetik. 

Hasil yang didapatkan pun cukup akurat untuk menerjemahkan bahasa asing menjadi bahasa yang kita inginkan. Dengan begitu, kita bisa belajar beragam bahasa melalui situs yang satu ini. Meski begitu, google translate tidak dapat menerjemahkan secra tepat semua teks yang kita inginkan. Google translate hanya mampu pembaca untuk memahami isi umum dari bahasa yang diterjemahkan. 
Dengan memanfaatkan google translate, pengguna akan semakin dipermudah dalam melakukan penerjemahan bahasa yang diinginkan. Nah, berikut ini beberapa manfaat Google Translate yang bisa kita gunakan.

1. Menerjemahkan Banyak Pilihan Bahasa
Fungsi utama Google translate ini merupakan penerjemah bahasa lain kedalam bahasa yang kita pahami bahkan lengkap dengan cara dan bentuk tulisannya. Dengan banyaknya jenis bahasa di dunia ini maka Google Translate menyediakan hampir semua bahasa yang ada di dunia ini untuk bisa kita terjemahkan kedalam bahasa kita.

2. Menerjemahkan Bahasa Secara Offline 
Fungsi google translate yang pertama ialah dapat menerjemahkan bahasa secara offline. Di dalamnya terdpat sebuah fitur yang bisa digunakan tanpa terkoneksi dengan internet. Namun ruang penyimpanan kalian akan berkurang bila melakukan fitur offline. Meski begitu, ruang yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar, sehingga fitur ini sangat cocok bagia kalian yang ingin belajar bahasa asing. Fitur ini hanya bisa digunakan di mobile atau hanphone.

3. Menejemahkan Dokumen
Seiring berkembangnya teknologi Google Translate tidak hanya menerjemahkan per kata atau per kalimat, tetapi juga menerjemahkan per Dokumen, dimana kita tinggal upload dokumen kita maka secar langsung dokumen tersebut di terjemahkan kedalam bahasa yang kita tuju. Fitur ini mendukung banyak type file seperti  .DOC, .DOCX, .ODF, .PDF, .PPT, .PPTX, .PS, .RTF, .TXT, .XLS, OR .XLSX. Dan isinya harus berupa teks.

4. Nulis Tanpa Ngetik
Pada Google Translate sudah ada fitur voice note yang bisa kita manfaatkan, dan banyak orang memanfatkan fitur ini bukan untuk menerjemahkan, akan tetapi untuk mengetik. kita tinggal menyalakan fitur voice dan berbicara sesuai apa yang mau kita ketik, maka akan tertulis apa yang kita ucapkan tadi, selanjutnya tinggal copy & paste di media pengetikan yang kalian pakai.

5. Membuat Suara
Banyak orang-orang jaman sekarang memanfaatkan Google Translate untuk berbicara atau mengucapkan apa yang kita ketik. tidak sedikit para content creator yang kurang percaya diri untuk berbicara, memanfaatkan fitur ini untuk di tayangkan di youtube dan media lainnya.

6. Chating Dengan Orang Asing 
Dengan adanya google terjemahan (translate), kita bisa dibantu ketika mengobrol dengan orang asing. Apa yang orang asing tuliskan bisa kalian copy dan pastekan ke dalam google translate. Setelah itu, Anda akan mengetahui apa yang dibicarakan oleh orang asing tersebut. Sangat membantu bukan! 

7. Mampu Menerjemahkan Dengan Ketikan 
Fungsi yang selanjutnya ialah mampu menerjemahkan bahasa dengan ketikan. Coba kalian praktekan ketika ingin menerjemahkan teks di google translate, ketika Anda sedang mengetik, google translate sudah mulai menerjemahkannya secara otomatis. Tentu ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran bahasa yang sangat cepat dengan adanya google translate. 

8. Bisa Menerjemahkan Menggunakan Tulisan Tangan 
Nah, bagi kalian yang malas mengetik dan gemar menulis di buku, Anda juga bisa melakukannya dengan tulisan tangan langsung. Seperti halnya bila belajar bahasa yang lumayan sulit seperti Jepang atau China, proses pembelajarannya membutuhkan praktek secara langsung agar cepat paham. Bila Cuma diangan angan saja, Anda akan memerlukan waktu yang lama untuk bisa berbahasa asing. 

9. Menerjemahkan Per Kata 
Google translate tidak akan memberikan bantuan secara tepat dan akurat ketika menerjemahkan banyak teks yang diperlukan. Anda bisa melakukannya dengan menerjemahkan per kata, kemudian Anda menggabungnya dengan kosa kata yang sudah kalian pahami. Dengan begitu, kata-kata yang sulit akan lebih mudah dipahami oleh Anda dengan adanya bantuan google translate. 

Sejarah Google Translate 
Google translate berkembang dengan mesin penerjemah lainnya seperti Babel Fish dan AOL. Namun google translate memiliki fitur tersendiri dimana saat itu Babel Fish dan AOL menggunakan SYSTRAN, sementara google translate menggunakan perangkat lunak tersendiri. 

Pada tahun 2003, Franz Josef Och berhasil memnenagkan sebuah kontes DARPA untuk kecepatan mesin penerjemah google. Sejak itulah Franz Josef Och mengembangkan sistem penerjemah menjadi dua bahasa sebagai koleksi teks. Hingga saat ini, kedua bahasa bisa diterjemahkan melalui google translate dengan mudah. 

Dari tahun ke tahun, bahasa yang ada di dalam google translate mulai berkembang dan semakin banyak. Kini setiap negara satu dengan yang lainnya bisa menerjemahkan bahsanya masing-masing melalui google translate. 

Itulah beberapa informasi seputar Google Translate. Terima kasih, semoga bermanfaat.