MENGENAL TAMPILAN LEMBAR KERJA GOOGLE CHROME WINDOWS

MENGENAL TAMPILAN LEMBAR KERJA GOOGLE CHROME WINDOWS

Hallo sobat semua, buat kalian yang baru mengenal dunia tutorial internet atau web browsing pastinya perlu tau bagian-bagian daripada web browser supaya lebih paham dan menguasai browsing di internet ada banyak web browser yang bisa kita gunakan dan gratis tidak perlu membeli aplikasi. 

Dengan mengenal alat-alat yang banyak bisa kita gunakan di web browser maka kita bisa melakukan pekerjaan atau tugas kita secara cepat dan mudah. Kali ini saya menggunakan web browser Google chrome versi 76.

Terlampir diatas, gambar halaman muka dari Google Chrome dengan tampilan web defaultnya google search dan tampilan beberapa history pencarian dibawahnya. untuk mengetahuinya saya sudah arahkan panah bernomor jika kurang terlihat bisa kalian zoom.
  1. Adress Bar : ini merupakan kolom untuk kita mengisikan alamat link atau alamat web yang sudah kita ketahui misalkan https://www.abdulshare.com atau yang lainnya yang mau kalian masukan, sebenarnya kita juga bisa menuliskan link tanpa tulisan https://www , cukup menuliskan abdulshare.com kita sudah bisa mengakses link tujuan kita. Selain itu adress bar juga bisa kita gunakan sebagai kolom search jadi kita bisa menuliskan langsung apa yang kita cari, maka secara otomatis kita akan langsung di tampilkan pencarian yang kita cari dari search engine default yang terpasang.
  2. New Tab Button : tombol ini merupakan tombol atau icon perintah untuk menambhkan tab atau pencarian baru misalkan kita mau melakukan pencarian baru tanpa menutup tab yang sedang kita buka mka kita bisa gunakan tombol ini atau dengan cara menekan tombol CTRL+T pada keyboard kita.
  3. Tab : Yang saya tandai ini merupakan baris tab yang sedang terbuka kita bisa membuka banyak tab dalam satu jendela kerja Google chrome, dan bisa beralih ke tab-tab yang lainnya, multi tab ini selain untuk multi search juga sering digunakan orang untuk melakukan pekerjaan dengan beberapa sektor.
  4. Close Tab Button : Tombol ini merupakan tombol untuk menutup tab yang sedang terbuka tapi tidak kita gunakan.
  5. Search Engine Icon : Icon ini merupakan icon mesin pencari yang sedang aktif di Google Chrome kita, jadi apapun yang kita tuliskan pada kolom search maka mesin yang mencari pencarian kita yaitu mesin pencari yang aktif tersebut.
  6. Favicon : icon ini merupakan icon atau lambang website yang sedang terbuka pada tab tertentu, jika kita melakukan pencarian dari beberapa sumber tiap tab nya maka akan terlihat icon-icon nya walaupun kita tidak berada pada tab tersebut.
  7. Reload : Tombol ini merupan tombol perintah untuk load ulang atau refresh halaman yang sedang kita buka, biasanya  hal ini dilakukan bila web yang kita buka tidak sempurna load nya atau jaringan sedang tidak bagus sehingga mengakibatkan web nya tidak termuat sempurna, kita juga bisa melakukannya dengan menekan tombol fungsi F5 pada keyboard.
  8. Forward : Tombol ini merupakan tombol yang di pakai apa bila kita tidak sengaja balik ke halaman sebelumnya yang pernah kita buka, lalu kita mau kembali ke halaman terdepan atau selangkah maju de penjelajahan kita pada tab yang sama.
  9. Back : Tombil ini merupakan tombol kebalikan dari Forward diman kita bisa kembali ke awal penjelajahan kita atau selangkah mundur dari penjelajahan kita di internet yang pasti pada tab yang sama.
  10. Bookmark : pada bagian yang saya tandai ini merupakan deretan bookmark atau beberapa halaman yang kita favoritkan sebelumnya, bookmark biasanya digunakan untuk memudahkan kita dalam mengakses halaman web tersebut tanpa mengetikan alamat atau linknya. 
  11. Add Bookmark : Tombol ini merupakan perintah untuk menambahkan daftar bookmark yang bederet seperti yang ditandai pada point sebelumnya Cara menambahkannya kita cukup menekan tombol bintang ini pada saat kita membuka halaman yang mau kita masukan ke daftar bookmark. 
  12. Minimize : Tombol ini merupakan tombol standar jendela kerja semua aplikasi untuk memperkecil dan menyembunyikannya dari layar, namun masih tetap terbuka sekalipun tidak terlihat dan kita bisa mengembalikannya dari icon aplikasinya di taskbar.
  13. Restore Down & Maximize  : tombol ini juga sama standar aplikasi, tombol ini akan berubah ketika layar kecil atau besar, ketika besar tombol ini akan membentuk kotak bertumpuk (Restore Down),fungsinya untuk memperkecil tapi tidak tersembunyi dan masih bisa kita lihat dan bisa kita operasikan hanya saja tampilannya lebih kecil, Lalu tombol ini berubah menjadi kotak saja pada saat layar kecil tersebut namanya Maximize  yang fungsinya sebaliknya untuk memenuhkan tampilan aplikasi sepenuh layar kita. 
  14. Close : Tombol ini sudah pasti ada di setiap aplikasi dimana kita mau mengakhiri sebuah aplikasi kita bisa menekan tombol ini untuk menutupnya, perlu diperhatikan dengan menekan tombol ini berati benar-benar menutup aplikasi dengan semua pekerjaan kita, jadi untuk aplikasi tertentu lebih hati-hati mnekan tombol ini karena kerjaan kita taruhannya jika belum ke simpan.
  15. Customize and Control : Tombol ini merupakan tombol untuk masuk ke kontrol lebih web browser ini diman kita bisa setting sedemikian rupa web browser ini di menu yang tampil ketika menekan tombol ini, kalau kita ibaratkan smartphone ini merupakam menu setting.
  16. People : icon ini menunjukan akun google yang sedang aktif pada web browser kita, dimana kita bisa megelola browser kita menggunakan akun kita, mulai dari managemen password, dan sinkronisasi akun dan yang lainnya.
  17. Extentions : icon ini merupakan icon extensi yang kita pasang di google chrome kita untuk keperluan tertentu, kalau kita menggunakan lebih dari satu extensi maka akan berderet icon-icon nya untuk memudahkan kita mengaksesnya.
  18. Website View : bagian yang saya tandai ini merupakan bagian yang menampilkan informasi yang kita cari  semua tampilan akan menyesuaikan dengan website yang kita kunjungi. Banyak perintah juga yang bisa kita gunakan pada bagian ini menggunakan produktifitas mouse dan keyboard. Pada gambar tersebut diatas saya berada pada halaman pencarian google dengan tema yang saya terapkan.
Demikian sedikit pembahasan mengenai detail Web Browser Google Chrome setiap kita membuka website pasti ada tambahan tambahan icon perintah yang bisa kita gunakan tinggal kalian coba gunakan perintah tersebut. Terima kasih atas kunjungannya semoga dapat menambah sedikit wawasannya dan bisa kalian praktekan.