MENGENAL TAMPILAN DAN BEBERAPA PERINTAH GOOGLE SEARCH (PART 1)

MENGENAL TAMPILAN DAN BEBERAPA PERINTAH GOOGLE SEARCH (PART 1)


Hallo sobat kali ini kita akan mengenal beberapa perintah dan tampilan yang ada pada Google Search. Banyak fitur-fitur dan perintah yang bisa kita gunakan pada saat melakukan pencarian di google, yang mana tdak banyak kita coba gunakan.

Seperti pada postingan sebelumnya saya lampirkan gambar dengan nomor penunjuk icon atau perintah yang bisa kita gunakan, yang kemudian saya berikan sedikit pembahasannya.

  1. Adress bar/URL : ini merupakan URL yang sedang aktif, disini sesuai pembahasan google.com namun diikuti URL tambahan yang otomatis. adress bar ini merupakan bawaan web browser tapi disini saya tunjukan bahwa dengan URL yang tampil seperti apa.
  2. Google Akun Icon : icon ini merupakan akun google yang sedang login di layanan google pada web browser ini, hampir di semua layanan google kita akan menemukan icon ini untuk mengelola akunnya. 
  3. Apps : icon yang di tunjukan nomor 3 ini merupakan tombol aplikasi dimana isinya beberapa aplikasi layanan gogole yang bisa kita akses lewat tombol tersebut tanpa menuliskan URL di adress bar.
  4. Gambar : tulisan yang ditunjuk nomor 4 diatas merupakan opsi untuk melakukan pencarian gambar dimana kata yang kita ketikan di kolom pencarian google search akan langsung menampilkan informasi berupa gambar atau foto-foto terkait. Selain itu kita juga dapat melakukan upload foto untuk mencari foto yang sama atau yang mirip.
  5. Gmail : Tulisan ini merupakan perintah untuk masuk kedalam halaman Gmail untuk mengelola email, sebenarnya beberapa icon yang ditampilkan ini merupakan jalan pintas untuk masuk kedalam layanan google lainnya, selain menuliskan URL dan mengaksesnya dari tombol Apps.
  6. Logo : Logo google ini sewaktu-waktu bahkan tiap hari bisa berubah dengan desain event yang sedang berlangsung saat itu, seperti hari kemerdekaan suatu Negara dan yang lainnya.
  7. Search Form : Search form atau kotak pencarian merupakan fitur utama google search yang kita gunakan untuk melakukan pencarian. Apapun yang kita cari tinggal tituliskan disini maka akan tampil informasi yang kita butuhkan.
  8. Tombol Penelusuran : Disini ada dua tombol yang bisa kita tekan tombol pertama bertuliskan "Penelusuran Google" merupakan tombol untuk melakukan penelusuran dari apa yang kita ketik di dalam form pencarian, alternatifnya kebanyakan dari kita menggunakan tombol enter untuk melakukan penelusuran tersebut. Tombol kedua yatu tombol untuk menelusuri doodles yang google sediakan seperti yang saya katakan sebelumnya pada bagian logo google biasanya suka ganti-ganti gambar sesuai event yang sedang berlangsung seperti Kemerdekaan sebuah Negara atau yang lainnya, bisa kita lihat disini rangkumannya.
  9. Pilihan Bahasa : Pada bagian ini kita ditawarkan untuk memilih bahasa yang kita mengerti, yang pada default nya sudah menggunakan bahasa yang kita pakai di negara kita masing-masing.
  10. Indikator Negara: Pada bagian ini akan tertulis nama Negara yang sedang kita tempati saat penelusuran.
  11.  Google Search Footer Site : Pada bagian ini merupakan bagian footer web Google search, dimana tersedia banyak pilihan menu yang bisa kita klik, masih ranahnya produk google seperti Google Business, periklanan dan ada pripacy juga setingan penelusuran.
Selanjutnya setelah kita tekan enter atau melakukan penelusuran maka masih ada lagi tampilan Google Search sebelum masuk kedalam web yang kita pilih, pembahasannay bisa kalian buka di postingan berikut.  MENGENAL TAMPILAN DAN BEBERAPA PERINTAH GOOGLE SEARCH (PART 1)