MENGENAL TAMPILAN DAN BEBERAPA PERINTAH GOOGLE SEARCH (PART 2)

MENGENAL TAMPILAN DAN BEBERAPA PERINTAH GOOGLE SEARCH (PART 2)


Hallo Kita lanjutkan pembahasan postingan sebelumnya, jika kalian langsung menuju postingna ini alngkah lebih baiknya kalian baca terlebih dahulu postingan MENGENAL TAMPILAN DAN BEBERAPA PERINTAH GOOGLE SEARCH (PART 1), yang akan kita lanjutkan di pembahasan kali ini. 

Seperti biasa kita baca gambar dulu baru kita bahas satu per satu, gambar ini lumayan besar jadi mohon di maklum supaya kita bisa paham ya.

  1. Adress bar/URL : tidak lepas dari URL, ini juga merupakan URL yang sedang aktif, dimana ketika melakukan pencarian maka URL berubah,
  2. Search Form : Bagian ini juga tidak hilang sebab diperlukan jika kita ingin melakukan pencarian berbeda tanpa harus kembali ke halaman sebelumnya. Disini saya mengisi Search Form dengan kata Indonesia maka deretan yang kebawah itu lah hasilnya. Banyak sekali deretan topik-topik mengenai Indonesia yang bisa kita baca atau jadikan sumber materi kita, namun disini saya ambil paling atas untuk kita bahas.
  3. Opsi Penelusuran : Pada bagian ini terdapat banyak pilihan tombol/perintah yang bisa kita gunakan salah satu diantaranya pilihan penelusuran. Defautlnya kita akan ditampilkan dengan semua kategori mulai dari berita gambar video dan yang lainnya, namun dengan menggunakan perintah disini kita bisa mngubah penelusuran kita menjadi salah satu kategori. Misalnya, kita klik tulisan gambar maka semua deretan yang muncul akan berupa gambar semua berdasarkan kata kunci yang kita ketik di search form, begitu juga yang lainnya bisa kalian coba satu per satu mulai dari maps, berita, video dan yang lainnya bisa kalian klik tombol lainnya. Selain itu, pada bagian ini kita juga bisa melakukan setting penelusuran mulai dari bahasa pengaturan waktu postingan dan yang lainnya bisa kalian praktekan satu per satu.
  4. Jumlah Hasil Pencarian : Pada bagian ini ditunjukan berapa jumlah artikel atau website yang ditemukan dari kata kunci yang kita ketikan.
  5. Artikel Teratas : Menurut saya pribadi bagian ini merupakan artikel teratas atau website yang sering banget dikunjungi, entah google kerja sma dengan pihak website atau gimana yang pasti website ini menampilkan banyak detail rangkuman dari sesuatu yang kita cari, bahkan Wikipedia juga menampilkan saran pencarian untuk kategori sama yang kita cari saat melakukan pencarian.
  6. Video : Pada bagian ini merupakan pilihan informasi berupa Video biasanya diambil dari Vodeo Youtube.
  7. Judul Artikel/Website : Yang ditinjukan nomor ini merupakan Judul dari sebuah website yang di sarankan biasanya  berupa link dan tulisan berwarna biru yang bisa kita klik untuk melihatnya.
  8. URL Website : bagian ini merupakan alamat website atau URL web dengan judul diatasnya, yang disarankan Google search, ditandai tulisan warna hijau dan diawali hurup HTTP
  9. Website List : saya kasih nama website list karena ini merupakan list website yang berderet dari pencarian kita, semua informasi yang tampil sam seperti ini dari atas sampai bawah. Website list ditandai dengan adanya Judul Berita, disusul Nama Web, URL dan sedikit rangkuman informasi.
  10. Navigasi Pencarian : pada bagian ini merupakan alat untuk melanjutkan pencarian informasi dari sumber lainnya yang belum tampil di halaman pertama. Setiap halaman memuat kurang lebih 10 pilihan Website yang bisa kita pilih. Namun, sebenearnya melihat Jumlah Hasil Pencarian yang banyak berati masih banyak website yang bisa kita pilih dengan cara menekan nomor halaman, menekan tombol panah ke kanan atau menekan tombol Berikutnya.
  11. Footer : Pada bagian ini juga ada Footer dimana isinya merangkum kterangan Lokasi dan beberapa menu seperti pada Footer Sebelumnya.
Demikian pembahasan mengenai MENGENAL TAMPILAN DAN BEBERAPA PERINTAH GOOGLE SEARCH semoga buat yang belum tau menambah sedikit wawasannya. Perlu diketahui untuk penamaan menu disini saya menggunakan versi saya sendiri, karena belum menemukan referensi yang lebih dari sekedar yang saya tau. Jadi mohon di maklum untuk segala kekurangannya.